CONTOH PERCOBAAN LISTRIK STATIS SEDERHANA


Listrik statis adalah kondisi di mana muatan listrik terakumulasi pada suatu benda karena adanya gesekan dengan benda lain. Ini terjadi karena pada saat gesekan, elektron bisa berpindah dari satu benda ke benda lain, menyebabkan satu benda memiliki muatan positif sementara yang lain memiliki muatan negatif.

Contohnya, ketika Anda menggosok balon di rambut Anda, elektron dari rambut Anda bisa berpindah ke balon, meninggalkan rambut Anda bermuatan positif dan balon bermuatan negatif. Akibatnya, rambut Anda akan menarik benda-benda kecil seperti kertas karena ada tarikan antara muatan positif di rambut dan muatan negatif di balon.

Fenomena ini penting karena bisa terjadi di banyak situasi sehari-hari dan memiliki berbagai efek, mulai dari hal yang sederhana seperti tarikan balon dengan rambut hingga hal yang lebih kompleks seperti menyebabkan gangguan pada peralatan elektronik jika tidak ditangani dengan benar. Berikut ini beberapa contoh percobaan listrik statis beserta penjelasannya:

PERCOBAAN 1 (PENGGARIS MENARIK POTONGAN KERTAS)

Pada dasarnya, fenomena listrik statis yang terjadi ketika
kertas ditarik oleh penggaris yang telah digosok dengan kain wol adalah hasil
dari perpindahan muatan listrik antara kain wol, penggaris, dan kertas.

Gosokan antara kain wol dan penggaris: Saat Anda menggosokkan kain wol pada penggaris, gesekan antara kain dan penggaris menyebabkan elektron-elektron dari salah satu benda (mungkin penggaris atau kain) berpindah ke benda lainnya. Biasanya, dalam kasus ini, elektron-elektron dari kain wol berpindah ke penggaris karena kain wol cenderung memiliki
kelebihan elektron.

Penggaris menjadi bermuatan: Akibat perpindahan elektron, penggaris menjadi bermuatan negatif karena menerima elektron dari kain wol. Sementara itu, kain wol menjadi bermuatan positif karena kehilangan elektron.

Tarikan elektrostatis: Ketika Anda mendekatkan penggaris yang bermuatan negatif ke kertas, muatan negatif di penggaris menarik muatan positif di permukaan kertas. Ini menyebabkan kertas tertarik ke penggaris.

Jadi, fenomena ini terjadi karena adanya perpindahan muatan listrik antara kain wol, penggaris, dan kertas, yang menghasilkan gaya elektrostatis tarik antara penggaris yang bermuatan negatif dan kertas yang bermuatan positif.

PERCOBAAN 2 : (PIPA MENARIK KALENG BEKAS)

Ketika Anda menggosok pipa dengan kain, gesekan antara pipa dan kain menyebabkan perpindahan muatan listrik dari salah satu benda ke yang lain. Biasanya, elektron-elektron akan berpindah dari kain ke pipa. Akibatnya, pipa akan menjadi bermuatan negatif sementara kain menjadi bermuatan positif.

Ketika pipa yang bermuatan negatif didekatkan ke kaleng bekas, muatan negatif di pipa akan menarik muatan positif di kaleng. Hal ini menyebabkan tarikan elektrostatis antara pipa dan kaleng, sehingga kaleng menjadi tertarik kepada pipa.

Fenomena ini terjadi karena adanya perpindahan muatan listrik antara pipa dan kain akibat gesekan, yang menciptakan gaya tarik elektrostatis antara pipa yang bermuatan negatif dan kaleng yang bermuatan positif.


Ketika Anda menggosok pipa dengan kain, terjadi gesekan antara pipa dan kain yang menyebabkan perpindahan muatan listrik antara keduanya. Elektron-elektron dari kain dapat berpindah ke pipa, menjadikan pipa bermuatan negatif dan kain menjadi bermuatan positif.

Kemudian, saat pipa yang bermuatan negatif didekatkan ke batang korek api yang digantung di dalam toples, muatan negatif di pipa akan menarik muatan positif di batang korek api. Hal ini menghasilkan gaya tarik elektrostatis antara pipa dan batang korek api, sehingga batang korek api tertarik ke arah pipa.

Jadi, fenomena ini terjadi karena adanya perpindahan muatan listrik antara pipa dan kain akibat gesekan, yang menciptakan gaya tarik elektrostatis antara pipa yang bermuatan negatif dan batang korek api yang bermuatan positif.

Ketika Anda menggosok pipa dengan kain, gesekan antara pipa dan kain menyebabkan perpindahan muatan listrik dari salah satu benda ke yang lain. Biasanya, elektron-elektron akan berpindah dari kain ke pipa, menjadikan pipa bermuatan negatif dan kain menjadi bermuatan positif.

Ketika pipa yang bermuatan negatif didekatkan ke gelembung sabun, muatan negatif di pipa akan menarik muatan positif di permukaan gelembung sabun. Ini menyebabkan tarikan elektrostatis antara pipa dan gelembung sabun, sehingga gelembung sabun tertarik ke arah pipa.

Jadi, fenomena ini terjadi karena adanya perpindahan muatan listrik antara pipa dan kain akibat gesekan, yang menciptakan gaya tarik elektrostatis antara pipa yang bermuatan negatif dan gelembung sabun yang bermuatan positif.


PERCOBAAN 5 : (PIPA MEMUTAR KERTAS YANG DITUSUK DENGAN PULPEN SECARA BERDIRI)

Ketika Anda menggosok pulpen dengan kain, gesekan antara pulpen dan kain menyebabkan perpindahan muatan listrik dari salah satu benda ke yang lain. Biasanya, elektron-elektron akan berpindah dari kain ke pulpen, menjadikan pulpen bermuatan negatif dan kain menjadi bermuatan positif.

Ketika pulpen yang bermuatan negatif di pulpen akan menarik muatan positif di permukaan kertas. Ini menyebabkan tarikan elektrostatis antara pulpen dan kertas, sehingga kertas tertarik ke arah pulpen.

Jadi, fenomena ini terjadi karena adanya perpindahan muatan listrik antara pulpen dan kain akibat gesekan, yang menciptakan gaya tarik elektrostatis antara pulpen yang bermuatan negatif dan kertas yang bermuatan positif.



 



 


 


 


 


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar