EKSPERIMEN PENUH CERIA OLEH KOMUNITAS FISIKA DHBS



Tonton video nya melalui link youtube berikut ini : _Eksperimen Penuh Ceria (klik) 



PENJELASAN EKSPERIA 1:

Game ini menggunakan arus listrik searah (arus DC) yang sumber tegangan listrik nya dari baterai sebesar 18 volt. Prinsip kerjanya mirip seperti saklar namun bergerak, salah satu kawat terhubung pada kutub (+) baterai dan kawat lainnya pada kutub (-) baterai, saat kedua kawat bersentuhan maka aliran listrik mengalir pada kedua kawat tersebut sehingga  membuat bell (buzzer) berbunyi. 

PENJELASAN EKSPERIA 2 :

Arus listrik searah (DC) dari baterai bertegangan 3 volt diubah menjadi arus listrik bolak balik (AC) bertegangan tinggi menggunakan high voltage generator yang dilewatkan pada kumparan tesla hingga menjadi 1000 kv. Lampu menyala tanpa kabel dapat terjadi karena kumparan tesla adalah generator yg menghasilkan tegangan yg sangat tinggi menjadi sumber listrik atau medan listrik yg sangat baik untuk menyalakan tabung lampu Ketika resonasi terjadi diantara tabung dan lilitan medan listrik memaksa elektron kumparan mengalir ke sisi lampu membuat pelepasan energi yg cukup mengionisasi gas didalam tabung lampu sehingga membuatnya menyala. 

PENJELASAN EKSPERIA 3:

ini merupakan salah satu contoh sederhana dari hologram refleksi (prinsip pemantulan cahaya). Proses penampilan gambar yang terbentuk akibat terbentuknya pola pencampuran sinar ketika dua sinar bertumbuk pada satu permukaan holograf (plastik mika) . Salah satu dari sinar tersebut dinamakan sinar referensi (cahaya luar) yaitu sinar yang tidak memantul pada objek, sedangkan sinar yang lain disebut sinar objek (dari Hp) karena memantul dan mengenai objek. sinar referensi dan sinar objek bertemu pada sisi yang berlawanan dari permukaan hologram, sehingga gambar rekonstruksi yang dihasilkan akan ditampilkan pada sisi yang bertumbukan dengan sinar referensi.

PENJELASAN EKSPERIA 4: 

Arus listrik bolak balik (AC) pada lampu dinyalakan dan dimatikan menggunakan sensor suara yg di program dengan Arduino Uno. Arduino Uno adalah salah satu perangkat elektronika atau mikrokontroler dgn bahasa pemrograman C++, untuk digunakan sebagai perintah otomatis pada alat yang ingin dikembangkan dan  in syaa Allah bisa menjadi dasar pengembangan robotika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar