Namanya Juga Roket-roketan


Begitu selesai dibuat dan didesain sedemikian rupa, barulah roket itu bisa diterbangkan.Tapi sebeleum diterbangkn roket haruslah diberi dorongan berupa gaya dari luar atau energi tekan dari luar, apa itu gaya ? apa itu energi luar?
       

Orang bilang gaya itu identik dengan mode/style atau ada juga yang bilang memamerkan kelebihan-kelebihan, berpenampilan modis kekinian biar di bilang, biar dapat perhatian atau bahkan pujian.. 

Tapi fisika bilang, dilihat dari pengaruh geraknya, gaya dapat merubah arah gerak benda... oh ya? kalau nggak percaya scroll saja hp anda... sengaja/tidak, anda baru saja melakukan gaya.... ðŸ˜Š..sebatas itulah gaya diartikan..

Gaya mampu membuat roket yang tadinya diam menjadi bergerak, membuat benda yang bergerak menjadi tak bergerak, karena itulah gaya dikaitkan dengan hukum kelembaman/sifat kemalasan benda.. smakin malas kita bergerak semakin tidak adanya gaya, ditandai dengan semkin betahnya kita di zona nyaman.. jadi sebatas itulah gaya diartikan

Dari bentuknya, gaya juga bisa menyebabkan perubahan bentuk benda, yang tadinya nggak beraturan bisa menjadi lebih beraturan, yang nggak karuan bentuknya menjadi lebih karuan, seperti itulah gaya dikatakan sebagai pembawa sifat perubahan, makanya kalau ada orang yang kurang gaya atau bahkan mati gaya itu biasanya terlihat monoton dan membosankan serta enggan menyukai pembaharuan padahal banyak hal-hal baru yang unik, yang menyenangkan..

Maka supaya gaya tidak sembarang merubah arah dan gerak benda, merubah bentuk benda, gaya juga perlu di atur sesuai gesturenya.. gambar punya gaya, tulisan punya gaya, roket yang terbang punya gaya, hidup punya gaya, belajar pun punya gaya, setiap orang bisa buat gaya karena gaya itu adalah sentuhan berupa tarikan/dorongn; dorongan nurani, motivasi atau kemauan diri, salah 3 dari banyaknya contoh gaya yang membawa pengruh positif bagi kemjuan zaman bukan sekedar gaya-gaya-an yang ngetrend kids zaman now gencarkan. itulah yang dimaksud dengan gaya beneran yang diberikan pada roket bukan sekedar gaya-gayaan..

Kemudian energi tekan dari luar roket, sekalipun sudah ada energi didalamnya. Inilah juga bedanya roket-roketan dan roket beneran, yang kita tau kalau roket beneran itu sumber tenaga/energinya berasal dari dalam, dari hasil reaksi fusi bahan bakar penyusunannya, sementara energinya roket-roketan untuk bisa mengudara berasal dari luar dari gaya tekan yang kita berikan. yang nggak kalah penting dari itu semua sebenarnya adalah, ada pelajaran menarik yang dapat kita petik, kalau kita mau mengilustrasikannya dalam kehidupan nyata. Diantara kita ada orang-orang yang baru bisa tergerak dan melejitkan potensi-potensi yang dia punya, yaitu pada saat adanya paksaan, saat ada desakan atau karena adanya dorongan dari luar, dorongn itu bisa berupa motivasi/kritikan dari orang lain. Seperti itulah kerjanya roket-roketan, dimana sumber energinya berasal dari luar, makanya proses terbangnya agak cukup lama. Tetapi ada juga kok yang tanpa dipaksa tanpa didesak tapi mampu untuk bergerak dan melejit lebih cepat, lebih jauh dan lebih tinggi mengudara daripada biasanya, namun yang kayak gini jarang ditemukan, inilah tadi yang kita sebut-sebut sebagai roket beneran, kenapa? Karena sumber tenaga nya berasal dari dalam.

Setelah itu barulah pada diri roket terjadi yang namanya aksi reaksi, maksutnya kalau ada sebab pasti ada akibatnya, atau sebaliknya. karena ada usaha tentu akan ada hasilnya, kalau ingin biasa-biasa berusahalah sewajarnya, kalau ingin menggapai cita-cita setinggi angkasa, haruslah berusaha lebih hebat dari biasanya, giat belajarnya dan berdoanya dan sterusnya dst...

Tapi sayangnya begitu dia sudah terbang, nggak sedikit yang lupa akan perjuangan masa lalunya, sehingga ia lupa mengontrol dirinya dan lupa memahami bahwa proses untuk bisa mengudara, butuh prjuangan yang nggak mudah, bahkan sampai diudara pula ia lupa bahwa perlu tetap berada dalam keseimbangan, selalu mengarahkan diri tepat ke sasaran, agar tetap seimbang/bertahan dari setiap terpaan/godaan angin yang menghadang, seimbang dan tetap fokus pada target/tujuan yang diinginkan.

Terus kamu yang mana,??

Sebagai roket-roketan kah? Atau roket beneran? Atau jangan-jangan cuman roket kaleng-kalengan?

Bedanya ada pada jauhnya jangkauan target pencapaian..


#motivationalquotes #spirit #educate #pf #workshop #waterrocket #dhbs #roketair #terbaikberprestasiberakhlakislami #itulahfisika #ngbakalNyesalkenalFisika #mediaFisika


Tidak ada komentar:

Posting Komentar